Arsip Blog

Minggu, 19 Januari 2014

Goa Jatijajar di Kebumen

Di hari kedua di Kebumen yaitu pada tanggal 02 Januari 2014 kami diagendakan akan pergi menyusuri 2 goa yang ada di Kebumen. Kedua goa tersebut memiliki keunikan dan keindahan masing-masing. Pertama kami menyusuri Goa Jatijajar, goa ini terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah. Lokasi Goa ini tidak jauh dari Pantai Ayah/Logending yang kami datangi kemarin. Goa ini terbentuk dari batu kapur. Sebelum memasuki Goa kami harus berjalan dulu beberapa meter, melewati berbagai macam wahana permainan anak yang memang sengaja disiapkan untuk para wisatawan Goa Jatijajar. Di sana juga banyak sekali pedagang makanan yang menjajakan dagangan mereka. Kami pun harus menaiki beberapa anak tangga. Sesampainya di atas, kami melihat pemandangan yang beitu indah.
Pemandangan Sebelum Memasuki Goa

Saat masuk ke dalam Goa Jatijajar kami disuguhkan banyaknya patung-patung buatan yang mengisahkan sebuah legenda. Konon, goa ini digunakan oleh Lutung Kasarung / Raden Kamandaka untuk bertapa. Di dalam goa ini kami tidak perlu takut kegelapan, karena begitu banyak lampu berwarna warni yang menghiasi goa ini. Akses di dalam goa ini juga tidaklah sulit, karena dilengkapi oleh tangga. Goa ini memang ditujukan untuk berwisata dan aman untuk membawa anak-anak. 
Di dalam goa terdapat beberapa sendang (sungai), namun yang saya temukan hanyalah dua, yaitu Sendang Mawar yang airnya dipercaya dapat menjadikan awet muda (percaya atau nggak) dan yang kedua adalah Sendang Kantil. Nah, di dalam Sendang Kantil ini terdapat patung seorang putri yang sedang bertapa, dan di atas patung tersebut diberikan bunga, kayak bunga sesajen gitu. Katanya sih kalo mandi atau cuci muka di sini maka keinginan kita akan segera tercapai (yuk, yang punya keinginan biar wangi, nyebur deh buat mandi, pasti langsung gak bau lagi :p)
Diorama (alia's photo)
Ternyata Goa Jatijajar ini tidaklah begitu besar dan agak sempit, jadi kalau sedang ramai pengunjung mungkin untuk masuk ke dalam Goa harus sempit-sempitan. Setelah keluar dari Goa kami disuguhkan oleh tukang foto yang menyediakan beberapa binatang yang dapat foto bersama (kayak apaan deh). Mulai dari ular, burung, dan lainnya. Mungkin yang menjadikan Goa Jatijajar ramai bukan hanya karena keindahan Goanya, namun dalam area wisata tersebut begitu banyak terdapat atraksi yang lainnya. Banyak pedagang makanan, tempat hiburan anak, kolam renang, dan pasar. Nama pasar yang terdapat di dalam area wisata Goa Jatijajar adalah Pasar Seni. Pasar ini menyediakan berbagai macam pernak-pernik dan makanan khas yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar